Bimbingan Teknis Bibliometrik Bagi Pustakawan Lingkungan Ditjen Tenaga Kesehatan Sukses Digelar di Bekasi

Bimbingan Teknis Bibliometrik Bagi Pustakawan Lingkungan Ditjen Tenaga Kesehatan Sukses Digelar di Bekasi

Bekasi, 4 September 2024 — Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bibliometrik bagi pustakawan di lingkungan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan telah sukses dilaksanakan di Hotel Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference Center pada 2-4 September 2024. Acara ini diikuti oleh para pustakawan dan pemangku kepentingan dari Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan.

Hans Candra, Ketua Pokja Humas dan Perpustakaan selaku panitia, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pustakawan dalam menggunakan teknik bibliometrik. Teknik ini sangat penting dalam pengelolaan informasi ilmiah, analisis tren penelitian, dan pengukuran kinerja publikasi di lingkungan kesehatan. Dengan menguasai bibliometrik, para pustakawan diharapkan mampu mendukung pengambilan keputusan berbasis data yang lebih efektif di lembaga mereka masing-masing.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Albertus Yudha Poerwadi. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya peran pustakawan dalam mendukung transformasi pelayanan kesehatan melalui pengelolaan informasi yang lebih canggih dan terukur. Ia juga mengapresiasi upaya panitia dalam menyelenggarakan Bimtek ini sebagai bagian dari pengembangan kompetensi tenaga perpustakaan di lingkungan kesehatan.

Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai perpustakaan di bawah naungan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, termasuk Poltekkes Aceh yang diwakili langsung oleh Kepala Unit Perpustakaannya, Cut Permataan Cahaya, SKM. Mereka semua sangat antusias mengikuti setiap sesi yang disajikan, yang mencakup teori dan praktek penggunaan alat-alat bibliometrik.

Kegiatan Bimtek ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi peserta, tetapi juga diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas layanan perpustakaan di institusi masing-masing. Para peserta diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapatkan untuk memperkuat pengelolaan dan penyebaran informasi di bidang kesehatan, sehingga mendukung peningkatan kinerja lembaga secara keseluruhan.

Sebagai penutup, panitia mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan yang telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Dukungan tersebut menjadi fondasi penting bagi keberhasilan Bimtek ini dan diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk peningkatan kualitas layanan perpustakaan di masa mendatang. (nasr)